Perkembangan agama islam di indonesia
Tujuan pembelajaran
- -
Mendeskripsikan
masa sebelum dan lahirnya islam
- -
Menyusun
secara kronologis perkembangan agama islam
-
-Mendeskripsikan
proses masuk dan berkembangnya agama islam
- -Dan
dapat menilai apakah sejarah budaya indonesia mencerminkan budaya islam yang
luhur
A. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
AGAMA
ISLAM
1. MASA SEBELUM ISLAM
Daerah
arab sebelum islam umumnya dibagi dalam tiga bagian besar yaitu daerah bagian
selatan jazirah arab, daerah bagian utara zajirah arab, dan daerah hijaz. didaerah
selatan jazirah hidup kaum Qathaniyun (keturunan khatan) yang kemudian
mendirikan kerajaan saba` dan kerajaan himyar. dalam perkembangannya kerajaan
saba` dan himyar tumbuh menjadi pusat kota perdagangan.
Dibagian
utara jazirah, didiami golongan yang merupakan pembauran antara kaum Qathaniyun
dan adnaniyun (keturunan ismail bin ibrahim). didaerah ini, terdapat
kerajaan-kerajaan protektorat dari romawi dan persia. kerajaan-kerajaan
tersebut adalah kerajaan hirah yang berada dibawah perlindungan persia dan
kerajaan ghassan yang berada dibawah perlindungan romawi. kedua kerajaan ini
berkembang dalam waktu yang bersamaan yaitu kira-kira abad ketiga masehi.
Bagian
lain dari arab adalah hijaz. daerah ini sama sesali tidak pernah dijajah oleh
bangsa lain. hal ini disebabkan wilayah itu sulit dijangkau , tandus, dan
miskin. kota terpenting dari daerah ini adalah mekkah. di kota ini, terdapat
ka`ba. pada masa itu, ka`ba bukan saja disucikan dan dikunjungi oleh penganut
agama asli mekkah tetapi juga oleh orang-orang yahudi yang bermukim
disekitarnya. penguasa yang terkenal di daerah ini adalah Qushai dari suku
Quraisy. setelah kerajaan saba` dan himyar bagian selatan jazirah arab
mengalami kemunduran, pusat perdagangan di arab beralih ke daerah hijaz. mekkah
pun tumbuh menjadi pusat perdagangan dan peradaban.
2.LAHIRNYA ISLAM
Sebelum
Nabi Muhammad SAW diutus, umat manusia hidup dalam keadaan yang penuh dengan
kerusakan moral dan kebodohan (zaman jahiliyah). keadaan ini hampir
menjerumuskan manusia dalam kehancuran
total. contoh perbuatan manusia pada zaman itu adalah menyembah berhala, berjudi,
mabuk-mabukan, saling membunuh, dan berzina.
Islam
mulai disiarkan sekitar tahun 612 M. hal ini ditandai dengan turunny ayat-ayat
yang berisi perintah kepada Muhammad SAW untuk menyebarkan islam. Agama islam
pada mulanya disiarkan secara sembunyi-sembunyi dan terbatas pada kalangan
keluarga dan sahabat Nabi Muhammad SAW. namun, perlahan agama islam mulai
disiarkan kepada seluruh umat manusia. kegiatan dakwah Nabi Muhammad SAW ini
mendapat tantangan. Tantangan pertama datang dari pemimpin Quraisy. mereka
tidak menyukai seruan Nabi Muhammad SAW. mereka mengira dengan mempercayai
seruan Nabi Muhammad SAW berarti tunduk pada kepemimpinan Bani Abdul Muthalib
(keluarga ayah Nabi Muhammad SAW). Hal ini tidak bisa mereka terima tentang
persamaan hak antara bangsawan dan hamba sahaya. mereka juga menganggap taklid
kepada nenek moyang adalah kebiasaan yang telah berurat akar pada bangsa arab. oleh
karena itu, menerima seruan Nabi Muhammad SAW berarti melepaskan kebiasaan
nenek moyang mereka.
B. PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI ASIA
BARAT
Islam
lahir di kota Mekkah kemudian berkembang di Madinah. Madinah kemudian
Berkembang menjadi sebuah negara dengan Nabi Muhammad SAW sebagai kepala
negaranya. Wilayahnya meliputi kota Madinah, Mekkah, dan daerah-daerah di
sekitarnya. Setelah Nabi wafat, usaha perkembangan wilayah islam dilanjutkan
oleh para Khulafaur Rasyidin (para khalifah yang mendapat petunjuk) yaitu Abu
Bakar As Siddiq, Ummar Bin Khattab, Usman Bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.
Masa pemerintahan empat khalifah ini adalah sekitar 632-661 M. Penyebaran islam
pada periode awal berjalan sangat pesat karena peran khalifah-khalifah itu. hal
ini terbukti dalam waktu 30 tahun islam telah menyebar ke seluruh semenanjung
arab, palestina, suriah, irak, persia (iran), dan mesir.
Perkembangan
islam selanjutnya terjadi pada masa Bani Umayyah (661-750 M). pada Masa ini, perluasan
wilayah yang mengantarkan negara islam menjadi negara “adi-kuasa”. Ibu kota negara tidak lagi di Madinah
melainkan di Damaskus. Pada tahun 750 M, terjadi perebutan kekuasaan terhadap
keluarga Umayyah yang dilakukan oleh Abbasiyah. Abbas adalah paman Nabi Muhammad SAW. dalam
perebutan itu hampir seluruh keluarga Umayyah dimusnahkan. sejak saat itu
kekuasaan pemerintahan dipegang oleh keluarga Abbasiyah yang mulai berkuasa
pada tahun 750-1258 M. Kekhalifahan Abbasiyah mengalami kemunduran dan terpecah
menjadi 3 kelompok yaitu Khalifah Abbasiyah, Khalifah Fatimiyah, dan Khalifah
Kordoba dari keluarga Umayyah.
Masa
islam di indonesia adalah masa sejak kedatangan agama islam di indonesia sampai
agama islam dipeluk oleh masyarakat indonesia. karena kepulauan indonesia
sangat luas, maka masa masuknya agama islam antara satu wilayah dengan wilayah
lainnya berbeda-beda. perbedaan masuknya agama islam ke indonesia disebabkan
oleh perbedaan komoditas perdagangan di daerah-daerah indonesia. diketahui
bahwa proses masuknya islam sedikit banyak didukung oleh aktivitas perdagangan
yang dilakukan para pedagang dari persia dan gujarat.
Kurun
waktu masyarakat indonesia untuk memeluk agama islam diperkirakan dari abad
ke-11 sampai ke-17 Masehi. abad-abad sesudah itu merupakan pengembangan agama
islam di indonesia. untuk menyelidiki daerah dan kerajaan mana yang lebih
dahulu memeluk islam dapat diketahui melalui bukti-bukti sejarah seperti
sejarah dinasti yuan (1280-1376 M), laporan Marco polo, seorang perantau dari
venesia (italia), pada tahun 1292 Masehi, dan laporan Ying Sheng Lan pada tahun
1416. Berikut ini proses masuknya agama islam mulai dari barat hingga timur
wilayah kepulauan indonesia.
1.SUMATRA
Islam
masuk ke sumatra dengan jalan damai. para Mubaligh (penyampai dan penyebar agama islam) melangsungkan perkawinan dengan
penduduk setempat dan islam berkembang secara turun temurun. lama kelamaan, mereka
membentuk kerajaan yang bercorak islam. menurut catatan sejarah, kerajaan islam
pertama di indonesia adalah kerajaan samudra pasai.
2.JAWA
Di
jawa, agama islam masuk melalui pesisir utara. hal ini disebabkan laut
dipesisir utara lebih tenang daripada dipesisir selatan. bukti-bukti awal
masuknya agama islam di pulau jawa adalah dengan ditemukannya makan Fatimah
Binti Maimun Bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi
di desa leran kecamatan manyar gresik. Nama leran atau liran adalah nama sebuah
tempat di persia. Demikian pula nama Hibatullah yang merupakan nama sebuah
wangsa atau dinasti yang berkuasa di Liran. Dengan demikian, Fatimah ini cucu
penguasa atau raja di Liran persia. dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa
di gresik sudah ada kelomok muslim, hal ini berdasarkan karena Fatimah sebagai
putri bangsawan pasti tidak datang sendirian dan wafat di gresik. bisa jadi
kelompok fatimah itu berdakwah di lingkungannya, hal ini sangat beralasan
karena bagi orang muslim dimana pun ia berada ia berkewajiban berdakwah tetang
agama islam. Ditemukan pula prasasti yang lebih muda usianya. prasasti itu
terdapat pada makam Malik Ibrahim dari Kasyan. Ia meninggal pada tahun 822 H
atau 1419 M. Makamnya mewah terbuat dari batu pualam yang merupakan makam
buatan cambay, gujarat (india selatan).
Disamping
kedua kota diatas, di trowulan dan tralaya kecamatan mojokerto juga ditemukan
bukti-bukti masuknya islam dipulau jawa. Dikedua tempat itu ditemukan ratusan
kubur islam yang bertuliskan aksara jawa kuno. Umumnya, batu nisan kuburan
tersebut berangka tahun jawa atau tahun saka. Satu diantaranya memang berangka
abjad arab tetapi tidak menyatakan tahun hijriah melainkan tahun saka, yakni
tahun 1533 saka atau 1611 Masehi. Batu nisan tertua berangka tahun 1290 saka
dan 1296 saka atau 1368 M dan tahun 1347 M.
3.KALIMANTAN
• kalimantan barat
Menurut
cerita, agama islam di kalimantan barat terutama di sekitar pontianak,
disiarkan oleh bangsawan arab bernama Sultan Syarif Abdurrahman pada abad
ke-18. Setelah berhasil menyebarkan islam, sultan Syarif Abdurrahman kemudian
menjadi penguasa pontianak. Makam, Masjid, dan Istana Sultan Syarif Abdurrahman
masih ada sampai sekarang. konon, Sultan Syarif Abdurrahman juga menyebarkan
agama islam sampai ke daerah pedalaman. di ketapang (kota di sebelah selatan
pontianak) mengalir sungai besar bernama sungai pawan. agak ke hulu sungai itu,
di desa muljakerta terdapat pemakaman islam kuno. di antara makam-makam islam
kuno itu ada tujuh pasang batu nisan yang dipahat timbul dengan angka tahun
jawa kuno.
Bentuk
batu nisan itu sama dengan bentuk batu nisan majapahit. bahkan ada sebuah yang
berhias lambang surya majapahit. angka tahun yang tertua adalah tahun 1340 saka
(1418 M) dan angka tahun 1363 saka (1441 M). jika melihat seni hias pada makam
yang berbentuk surya majapahit, bisa jadi yang menyebarkan agama islam di ketapang
berasal dari majapahit bahkan mungkin masih kerabat dekat keraton majapahit. sampai
tahun 1996 penelitian-penelitian mengenai hal ini belum bisa menemukan bukti
lain. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa agama islam masuk kalimantan
barat pada awal abad ke-15 dibawa oleh ulama-ulama majapahit.
•kalimantan tengah
Di kotawaringin,
agama islam disebarkan oleh Ki Gede, seorang ulama pengikut pangeran Dipati
Antakusuma dari kesultanan Banjarmasin. Ki Gede mengembara ke kotawaringin pada
abad ke-18 dan mendirikan sebuah mesjid dan penduduk setempat memberinama
masjid Ki Gede. masjid itu sampai sekarang masih tegar berdiri. dalam masjid
tersebut terdapat sebuah bedug yang terbuat dari kayu ulin (kayu besi) dengan
ukuran tengah 52 cm dan panjang 162 cm. pada bagian badan bedug terdapat
tulisan I SANAISCARA 1356 yang artinya pada hari sabtu tahun 1434 Masehi.
Namun, tidak
diketahui bahwa angka tersebut menunjukkan tahun pembuatan beduk tersebut atau pembangunan
masjid Ki Gede. bila angka tersebut menunjukkan tahun pembangunan Masjid Ki
Gede maka paling tidak pada awal abad ke-14 saka atau 15 Masehi islam telah
berkembang do kotawaringin. dikota tersebut, agama islam menyebar dari timur
sampai wilayah sampit. sementara diwilayah pedalaman penduduk suku dayak masih
menganut agama nenek moyangnya yaitu agama hindu kaharingan.
•kalimantan selatan
Islamisasi
di kerajaan banjar ini bersifat politis atau resmi. artinya islamisasi itu
dimulai oleh pemimpin atau raja terlebih dahulu baru kemudian kepada penduduk. biasanya,
Setelah melihat raja atau pemimpinnya masuk islam baru rakyat beramai-ramai
memeluk agama islam juga. proses islamisasi dikalimantan selatan terjadi ketika
pecah perang saudara antara raja dan putra mahkota kerajaan banjarmasin. ketika
itu, kerajaan ini masih bercorak hindu. pada tahun 1595 raja Tumanggung
memerintah kerajaan banjarmasin dengan kejam. adapun kemenakannya yang bernama
pangeran samudera tidak menyukai tindakan pamannya yang kejam itu. pangeran
samudera yang didukung oleh sebagian rakyat akhirnya memberontak.
Namun,
pangeran samudera tidak dapat mengimbangi tentara kerajaan. Ia kemudian meminta
bantuan kepada Sultan Demak di jawa tengah. kerajaan demak saat itu adalah
kerajaan islam terbesar dipulau jawa. Sultan Demak bersedia membantu tetapi
dengan syarat pangeran samudera dan seluruh pengikutnya harus masuk islam. setelah
persyaratan itu disetujui dikirimlah ekspedisi tentara demak ke banjarmasin. ekspedisi
ini disertai dengan seorang khatib (ahli khotbah) bernama Dayyan. dalam
serangan itu pangeran tumanggung dapat dikalahkan dan pangeran samudera
diangkat menjadi raja dengan gelar Sultan Suriansyah dan memerintah dari tahun
1595 hingga 1620 M.
•kalimantan timur
Penyebaran
agama islam di kalimantan timur terjadi pada masa kerajaan kutai yaitu pada
masa pemerintahan raja Mahkota (1575-1610 M). Raja Mahkota adalah raja keenam
yang memerintah di kerajaan kutai saat itu dan ia belum memeluk agama islam. dalam
silsilah kutai disebut bahwa agama islam masuk ke kerajaan kutai berasal dari
makassar.
Agama
ini dibawa oleh dua orang penyiar agama dari minangkabau yang bernama Tuan Haji
Bandang dan Tuan Haji Tunggangparangan. kedua orang itu bersama temannya
mula-mula mengislamkan di kerajaan Makassar, kedua orang itu menjalankan
dakwahnya ke kerajaan kutai. sementara, seorang temannya tinggal di Makassar
untuk terus mengembangkan agama islam disana.
4.SULAWESI
Sejarah
masuknya agama islam dimulai di Makassar, Gowa, dan Tallo sulawesi selatan. Sejak
dahulu di sulawesi selatan telah berdiri beberapa kerajaan diantaranya
Makassar, Gowa-Tallo, dan Bone. namun, yang paling awal memeluk agama islam
adalah raja dan masyarakat gowa-tallo. bukti bahwa agama islam telah masuk ke
sulawesi adalah sebuah naskah yang di sebut lontar bilang. naskah ini berupah
buku harian atau catatan tentang raja-raja Gowa dan Tallo sejak tahun 955
Hijriah (1545 M) sampai dengan bulan Dzulhijjah tahun 1168 Hijriah atau 1
November 1755.
Islaminisasi
di sulawesi selatan. mula-mula yang diislam kan adalah raja-rajanya kemudian raja
secara resmi memerintahkan rakyatnya untuk memeluk agama islam. namun, secara
perseorangan, agama islam sudah ada di daratan sulawesi selatan jauh sebelum
tahun 1603 Masehi.
5.MALUKU
Daerah
maluku terdiri atas beratus-ratus pulau sehingga dikenal dengan daerah seribu
pulau. pada masa kedatangan agama islam, pulau-pulau penting di Maluku bukan
dibagian selatan seperti Ambon, Banda, dan Seram melainkan dibagian utara yakni
Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo. menurut cerita rakyat, pada abad ke-8
Masehi datang empat orang mubalig dari irak. mereka itu golongan Syi’ah yakni
orang-orang yang mengikuti jejak dan paham yang diajarkan oleh Sayyidina Ali. keempat
mubalig tersebut adalah Syekh Mansyur, Syekh Yakub, Syekh Amin, dan Syekh Umar.
namun, kebenaran dari cerita itu masih diragukan.
C. KERAJAAN SAMUDRA PASAI
Kerajaan samudra pasai merupakan
kerajaan islam pertama di indonesia yang didirikan oleh Malik as-Saleh. sebelum
menganut agama islam ia bernama Marah Sile atau Merah Selu, Putra Marah Gajah, bangsawan
dari persia (marah merupakan gelar bangsawan di pasai). kerajaan samudra pasai
terletak dimuara sungai peusangan di pesisir timur aceh. Pada masa pemerintahan
Malik as-Saleh kerajaan samudra pasai berkembang menjadi bandar-bandar besar
dan penting artinya bagi perdagangan mancanegara. kerajaan samudra pasai dapat
berkembang menjadi kerajaan besar karena terletak di jalur lalu lintas pelayaran
dan perdagangan dunia yakni di peraoran selat malaka. oleh karena itu, banyak
pedagang-pedagang dari india, gujarat, arab, dan cina datang ke samudra pasai.
Pada
tahun 1521, kerajaan samudra pasai dikuasai oleh portugis selama tiga tahun
kemudian tahun 1524 dikuasai oleh Ali Mughayat Syah dari Aceh, selanjutnya
samudra pasai berada di bawah kekuasaan aceh. sebagai kerajaan maritim, perekonomian
kerajaan samudra pasai mengandalkan pelayaran dan perdagangan. letaknya yang
strategis di gerbang selat malaka membuat kerajaan ini menjadi penghubung
antara pusat-pusat perdagangan kepulauan indonesia dengan asia barat, india, dan
cina. kerajaan samudra pasai mengenakan pajak pada kapal dagang asing yang
melewati perairan diwilayah kekuasaannya.
D. KERAJAAN ACEH DARUSSALAM
Kerajaan
aceh dirintis oleh Muzaffar Syah pada abad ke-15 M. pusat kerajaan dibangun di
atas puing-puing kerajaan Lamuri sebelah barat laut samudra pasai. di bawah
pemerintahan Ali Mughayat Syah aceh mulai merebut dominasi perdagangan di
bagian barat indonesia. takluknya malaka ke tangan portugis pada tahun 1511
dimanfaatkan aceh untuk mengambil alih pusat perdagangan. untuk mempertahankan
dominasi itu, aceh meluaskan pengaruhnya ke pidie pasai dan bagian timur
sumatra.
E. KERAJAAN DEMAK
Ketika kerajaan Majapahit mulai
mundur, banyak para adipati yang berada di pesisir pantai utara pulau jawa
melepaskan diri. para adipati itu sudah mendapat pengaruh islam dan berada di
bawah kerajaan Demak yang dipimpin oleh raden patah.
F. KERAJAAN PAJANG
Kerajaan
pajang didirikan oleh Joko Tingkir. setelah menjadi sultan ia bergelar
Hadiwijaya. kerajaan pajang merupakan kelanjutan dari kerajaan demak namun, usia
kerajaan itu tidak begitu lama. penyebabnya pajang membiarkan kota-kota dan
wilayah pesisir memperkuat diri sehingga berani membangkang dan kemelut politik
yang timbul setelah Hadiwijaya wafat.
Sepeninggal
Hadiwijaya terjadi perebutan kekuasaan antara arya pangeran putra sunan prawoto
dengan pangeran benawa, putera Hadiwijaya. oleh karena kekacauan yang tidak
kunjung reda, pangeran benawa merasa tidak mampu menggantikan tahta ayahnya. lalu
ia menyerahkan kekuasaan kepada sutawijaya. sutawijaya memindahkan pusaka
kerajaan dari kerajaan mataram. peristiwa itu menandai akhir kerajaan pajang
dan awal kerajaan mataram.
G. KERAJAAN MATARAM
Karena
jasanya membantu Hadiwijaya untuk menghadapi Ario pangsangan. Ki Ageng
Pemanahan diberi daerah Mataram dan secara resmi menjadi penguasa Mataram di
bawah pajang. setelah Hadiwijaya meninggal, Sutawijaya (pengganti Ki Ageng
Pemanahan) memindahkan pusaka kerajaan dari pajang ke Mataram pindahnya pusaka
kerajaan (berasal dari Majapahit) menunjukkan bahwa pusat pemerintahan jawa
kini ada di Mataram.
H. KERAJAAN CIREBON
Kerajaan
cirebon atau kesultanan cirebon adalah kerajaan islam pertama di jawa barat. kerajaan
ini didirikan oleh Sunan Gunung Jati yang awalnya merupakan daerah kecil di
bawah kekuasaan Pakuan Pajajaran. raja Pajajaran menempatkan seorang juru
labuhan disana yang bernama Pangeran Walangsungsang. tokoh ini masih kerabat
kerajaan.
Ketika
berhasil memajukan cirebon pangeran walangsungsang belum menganut agama islam. akan
tetapi, tokoh yang berhasil membuat cirebon sebagai kerajaan adalah Syarif
Hidayatullah atau yang terkenal sebagai Sunan Gunung Jati. dialah pendiri
dinasti raja-raja Cirebon dan Banten. oleh karena kedudukannya sebagai salah
satu Wali Sanga, Sunan Gunung Jati sangat dihormati oleh raja-raja lain di
Jawa. seperti Demak dan Pajang, itulah sebabnya ketika Demak lalu Mataram ingin
menguasai pulau jawa, Cirebon tetap dibiarkan merdeka.
I. KERAJAAN BANTEN
Setelah meletakkan dasar bagi
pengembangan agama, perdagangan, dan kerajaan islam di Banten, Sunan Gunung
Jati atau Syarif Hidayatullah kembali ke Cirebon dan banten diserahkan kepada
putranya Hasanuddin.
J. KERAJAAN MAKASSAR
Kerajaan
Makassar sebenarnya terdiri atas dua kerajaan yakni kerajaan Gowa dan kerajaan
Tallo. kemudian, kerajaan ini bersatu di bawah pimpinan raja Gowa yaitu Daeng
Manrabbia. setelah menganut islam, ia bergelar Sultan Alauddin. adapun raja Tallo
yaitu Kraeng Mattoaya menjadi mangkubumu.
Bersatunya
kedua kerajaan tersebut bersamaan dengan tersebarnya islam ke Sulawesi Selatan,
kerajaan bersatu itu kemudian memperoleh sebutan Kesultanan Makassar yang
terletak di Sombaopu. letak Kerajaan Makassar sangat strategis karena berada
dijalur lalu lintas perdagangan antara malaka dan maluku. letak yang strategis
itu sudah tentu menarik minat banyak pedagang untuk singgah di Sombaopu. dalam
waktu singkat. Makassar berkembang menjadi salah satu bandar penting diwilayah
timur indonesia.
K. KERAJAAN TERNATE DAN TIDORE
Kerajaan tertua di Maluku sebenarnya
Jailolo tetapi karena kekurangan penduduk akhirnya tidak dapat berkembang. di
samping kerajaan Jailolo ada kerajaan Tirode, Bacan, Obi, dan Ternate. di antara
kerajaan-kerajaan itu yang paling berkembang adalah Ternate karena kerajaan itu
kaya akan hasil rempah-rempah sehingga manarik banyak pedagang. hasil
rempah-rempah dari Maluku amat terkenal di seluruh dunia sehingga kepulauan itu
dijuluki THE SPICE ISLANDS.
L. SENI BANGUNAN
Agama
islam masuk ke indonesia pada abad ke-7 M dan mulai berkembang pada abad ke-13
M. Perkembangan islam di indonesia hampir ke seluruh kepulauan indonesia. bertolak
dari kenyataan tersebut, islam banyak menghasilkan peninggalan sebagai saksi
sejarah. peninggalan-peninggalan itu antara lain sebagai berikut :
A.MASJID
Masjid
merupakan tempat peribadatan agama islam. sejak masuk dan berkembangnya agama
islam di indonesia banyak masjid yang didirikan. antara lain :
1.Masjid Demak
Masjid
Demak didirikan pada masa pemerintahan Raden Patah. bangunan masjid yang
terletak di Kadilangu, Demak ini beratap tumpang yang mirip bentuk pura Hindu. Masjid
Demak didirikan dengan bantuan para wali (wali sanga). pembangunan masjid ini dipimpin
langsung oleh sunan Kalijaga. keunikan masjid ini terletak pada salah satu
tiang utamanya yang terbuat dari pecahan-pecahan kayu yang disebut SOKO TATAL.
2.Masjid Kudus
Masjid
Kudus didirikan oleh Sunan Kudus. bentuk bangunan masjid ini memiliki ciri
khusus. bagian menaranya menyerupai candi hindu.
3.Masjid Banten
Masjid
Banten didirikan pada abad ke-16 M. bangunannya
memiliki atap tumpang sebanyak lima tingkat. kemudian, model bangunan
seperti itu untuk menggambarkan derajat yang dapat diraih seseorang dalam
islam. menara masjid dibangun oleh bangsa Belanda bernama Cardel. itulah
sebabnya, menara tersebut bergaya eropa menyerupai mercu suar.
4.Masjid Cirebon
Masjid
Cirebon didirikan pada abad ke-16 M, ketika kerajaan Cirebon berkuasa. bentuk
atap masjid Cirebon juga berupa atap tumpang terdiri atas dua tingkat.
B.KERATON
Keraton berfungsi sebagai pusat
pemerintahan dan sekaligus sebagai tempat tinggal raja beserta keluarganya. pada
zaman kekuasaan islam, didirikan banyak keraton sesuai dengan perkembangan
islam. akan tetapi, dibandingkan dengan masjid peninggalan bangunan keraton
hanya tinggal beberapa saja
1.KERATON CIREBON
Keraton
Cirebon didirikan oleh Syarif Hidayatullah pada tahun 1636 dan letaknya berada
di kota Cirebon sekarang.
2.ISTANA RAJA GOWA
Istana
Raja Gowa terdapat di Sulawesi Selatan dan merupakan istana kerajaan islam yang
masih dapat kita saksikan sampai sekarang.
3.ISTANA KERATON SURAKARTA
Kerajaan
Surakarta terbentuk berdasarkan perjanjian Giyanti pada tahun 1755.Kerajaan
Surakarta sebelumnya merupakan wilayah Kerajaan Mataram.
4.KERATON YOGYAKARTA
Pada
mulanya Kerajaan Yogyakarta merupakan wilayah Kerajaan Mataram kemudian
berdasarkan perjanjian Giyanti tahun 1755 didirikan keraton Yogyakarta dengan
rajanya yang pertama Hamengkubuwono I.
5.ISTANA MANGKUNEGARAN
Istana
Mangkunegaran merupakan bangunan kerajaan yang terbentuk berdasarkan perjanjian
Salatiga tahun 1767.
M. SENI RUPA
A.NISAN
Nisan
berfungsi sebagai tanda kubur. bentuk nisan bermacam-macam dan biasanya dihiasi
ukiran-ukiran dan kaligrafi. kebudayaan nisan diduga berasal dari Perancis dan
Gujarat.di Indonesia, kebudayaan tersebut berakulturasi dengan kebudayaan
setempat. Beberapa nisan peninggalan sejarah islam di Indonesia antara lain
sebagai berikut :
1.Nisan Malik As-Saleh
Nisan
ini dibangun di atas makam Sultan Malik As-Saleh di Lhokseumawe, Aceh Utara. Sultan
Malik As-Saleh adalah raja pertama dari Kerajaan Samudra Pasai.
2.Nisan Ratu Nahrasiyah
Nisan
ini dibangun di atas makan Ratu Samudra pasai bernama Nahrasiyah. ia meninggal
pada tahun 1428. nisan ini berhiaskan kaligrafi yang memuat kutipan Surat Yasin
dan Ayat Kursi.
3.Nisan Fatimah Binti Maimun
Nisan
ini dibuat sebagai tanda makam seorang wanita islam bernama Fatimah Binti
Maimun yang terdapat di Leran, Gresik, Jawa Timur.
4.Nisan Sultan Hasanuddin
Nisan
ini dibangun di atas makan Raja Makassar. Makam Sultan Hasanudin berada dalam
satu komplek dengan pemakaman raja-raja Gowa dan Tallo. pada makam tersebut, dibuat
cungkup berbentuk KIJING yang terbuat dari batu berbentuk prisma. kemudian batu
itu disusun membentuk limas dengan alas berbentuk kubus dan didalamnya terdapat
ruangan. pada ruangan itu terdapat makam beserta nisannya.
B.KALIGRAFI
Kaligrafi
adalah seni menulis indah, yang bernafaskan islam pada umumnya merupakan
rangkaian dari ayat-ayat suci Alquran yang distilisasi/digayakan sedemikian
rupa, sehingga membentuk gambar binatang maupun bentuk lain.contonya adalah
sbb:
•kaligrafi
pada nisan
•kaligrafi
bentuk wayang dari Cirebon
•kaligrafi
bentuk hiasan
N.SENI SASTRA
Peninggalan
karya sastra yang bercorak islam di indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga
macam, yaitu sebagai berikut :
A.Hikayat
1.Babad Tanah Jawi
Isi
kitab ini menceritakan kerajaan-kerajaan di Jawa, sejak kerajaan Hindu-Buddha
sampai kerajaan-kerajaan islam.
2.Sejarah Melayu
Kitab
ini ditulis oleh Patih Kerajaan Johor bernama Benda-hara Tun Muhammad. isinya
menceritakan kebesaran Iskandar Zulkarnain yang menurunkan raja-raja melayu.
3.Babad Cirebon
Kitab
ini memuat tentang daftar sejarah Cirebon.
4.Hikayat Raja-Raja Pasai
Kitab
ini disusun sekitar abad ke-15 M. isinya mengenai riwayat Raja-Raja yang pernah
memerintah Samudera Pasai.
5.Bustan Al-Salatin
Kitab
ini ditulis oleh Nuruddin ar-Raniri. isinya memuat intisari ajaran islam
seperti penciptaan langit dan bumi, riwayat nabi-nabi, dan riwayat para sultan
yang pernah memerintah Aceh (kronik).
B.SYAIR
1.Syair Abdul Muluk
Syair
ini menceritakan bahwa Raja Abdul Muluk mempunyai dua istri yaitu Siti Rahman
dan Siti Rafiah. ketika kerajaan barbar diserang oleh kerajaan Hindustan, Siti
Rafiah dapat meloloskan diri. kemudian berkat bantuan sahabatnya, ia dapat
merebut kerajaannya kembali.
2.Gurindam Dua Belas
Karya
sastra ini ditulis oleh Ali Haji yang berisi nasehat bagi para pemimpin pegawai
dan rakyat biasa menjadi terhormat dan disegani oleh sesama manusia.
C.SULUK
Tasawwuf
sering dihubungkan dengan pengertian SULUK yang artinya perjalanan. Alasannya, para
sufi sering mengembara dari tempat satu ke tempat yang lain. di Indonesia, istilah
suluk oleh para ahli tasawwuf dipakai dalam arti karangan prosa maupun puisi. sebagai
contoh, Sunan Bonang mengartikan Suluk sebagai orang-orang yang memiliki
pengetahuan mistik islam. Hamzah Fansuri menyebutkan syair-syairnya sebagai
Islam Suluk. istilah Suluk kadang-kadang dihubungkan dengan tindakan zikir dan
tirakat. beberapa Suluk terkenal antara lain sebagai berikut :
1.Suluk Sukarsah
Isinya
mengisahkan seseorang yang mencari ilmu untuk mendapatkan kesempurnaan.
2.Suluk Wijil
Isinya
mengenai wejangan-wejangan Sunan Bonang kepada Wijil. Wijil adalah seorang yang
kerdil bekas adbi raja Majapahit.
3.Suluk Karya Hamzah Fansuri
•Syair
Prabu
Manusia
diibaratkan perahu yang mengarungi lautan zat tuhan dengan menghadapi segala
macam marabahaya yang dapat dihadapi oleh Tauhid dan Ma’rifat.
•Syair
Si Burung Pingai
Jiwa
manusia disamakan dengan seekor burung, tetapi ini bukan burung itu dan ini
melainkan zat tuhan.
O.SENI PERTUNJUKAN
A.SENI TARI
Dibeberapa
daerah ada beberapa jenis tarian yang berhubungan dengan nyanyian atau bacaan
tertentu berupa salawat atau bacaan bernafaskan islam lainya.
1.PERMAINAN DEBUS
Permainan
ini merupakan suatu jenis tarian agak mengerikan. tarian ini diawali dengan nyanyian
atau pembacaan ayat-ayat tertentu dalam Al Quran atau Salawat Nabi. permainan
Debus berkembang di bekas pusat kerajaan islam seperti: banten, minangkabau,
dan aceh.
2.SEUDATI
Jenis
tarian ini terdapat di Aceh, seudati berasal dari kata syaidati yang artinya permainan orang-orang besar. seudati sering
disebut saman (delapan) karena
permainan itu mula-mula dilakukan oleh delapan pemain. dalam seudati, para
penari menyanyikan lagu tertentu yang isinya berupa Salawat Nabi.
B.SENI GAMELAN
Pada
upacara peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW dibunyikan gamelan sekaten. tujuannya
adalah untuk mengumpulkan orang. setelah masyarakat berkumpul, ceramah agama
islam pun mulai disampaikan. agar orang-orang lebih tertarik, ditampilkan
selingan berupa pertunjukan tari dengan iringan gamelan.
Upacara
sekaten itu tersebut dirayakan tiap bulan Maulud (Rabiul Awal) oleh
kerajaan-kerajaan yang telah masuk islam. hingga sekarang upacara semacam ini
masih terus dilaksanakan misalnya di Surakarta, Yogyakarta, dan Cirebon.
Uji kompetensi
|
|
A.PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG
PALING BENAR!!!
1.awalnya, proses islaminisasi di
indonesia dilakukan oleh....
A.
Pedagang C. Ulama
B.
Raja
Islam D. Penjelajah Asia Barat
2.wilayah di Indonesia yang terlebih
dahulu terpengaruh Islam merupakan daerah....
A.
Pedalaman C. Pesisir Pantai
B.
Pedesaan D. Perkotaan
3.berita cina yang menyebutkan pada
abad ke-7 dan ke-8 M sudah terdapat
masyarakat Islam di Sumatera berasal dari zaman....
A.
Dinasti
Ming C. Dinasti Tang
B.
Dinasti
Chin D. Dinasti Han
4.cara penyebaran agama Islam di
Indonesia sebagaian besar dilakukan melalui....
A.
Perdagangan
dan perkawinan
B.
Perdagangan
dan peperangan
C.
Perdagangan
dan penyerahan upeti
D.
Pemaksaan
dan perkawinan
5.suasana yang tidak mendukung
penyebaran islam adalah....
A.
Syarat
masuk agama islam sangat mudah
B.
Islam
tidak mengalami sistem kasta
C.
Dukungan
dari sejumlah kerajaan hindu-buddha
D.
Islam
mampu berakulturasi dengan adat dan tradisi indonesia
6.lembaga yang berperan dalam
penyaluran islam melalui pendidikan adalah....
A.
Pesantren C. Pemukiman muslim
B.
Mubalig D. Penguasa lokal
7.kerajaan makassar mencapai puncak
kejayaan pada masa kepemimpinan....
A.
Alauddin C. Sultan Hasanuddin
B.
Kraeng
Mattoaya D. Mapasomba
8.kraton Mangkunegaran didirikan
oleh....
A.
Perjanjian
Bongaya
B.
Perjanjian
Giyanti
C.
Perjanjian
Salatiga
D.
Perjanjian
Batavia
9.seni permainan debus berasal
dari....
A.
Banten C. Demak
B.
Cirebon
D. Makassar
10.seni menulis indah yang merukan
rangkaian ayat-ayat suci Al Quran dikenal
dengan sebutan....
A.
Melukis
C. Pahatan
B.
Kaligrafi
D. Menggambar
11.jenis tarian yang didalamnya
mengandung unsur islam adalah....
A.
Tari
Serampang Dua Belas
B.
Tari
Seudati
C.
Tari
Piring
D.
Tari
Zapin
12.berikut ini yang bukan merupakan
seni sastra yang mendapat pengaruh islam adalah....
A.
Suluk
C. Hikayat
B.
Kalagrafi D. Syair
13.kekhasan Masjid Demak dibandingkan
dengan Masjid lainnya adalah....
A.
Soko
tatal C. Menara menyerupai candi
B.
Atap
tumpang D. Bergaya eropa
B. JAWABLAH PERTANYAAN DENGAN SINGKAT
DAN JELAS !!!
1. apa yang dimaksud dengan seni
kaligrafi....
2. sebutkan tiga masjid peninggalan
kerajaan islam di indonesia....
3. apa yang seharusnya kita lakukan
terhadap beragam peninggalan sejarah bercorak islam..
4. apa makna peninggalan sejarah
bercorak islam bagi kita sekarang....
5. sebutkan tiga nisan yang bercorak
islam....
6. kerajaan islam pertama di
indonesia adalah....
7. kerajaan islam terbesar di pulau
jawa adalah....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar