Olaf the Snowman - Disney's Frozen sejarah smp/mts kelas VII : sejarah bab 2 asal-usul masyarakat indonesia

Sabtu, 09 Januari 2016

sejarah bab 2 asal-usul masyarakat indonesia



Asal-usul masyarakat indonesia



Tujuan pembelajaran :
-         Menjelaskan kedatangan nenek moyang bangsa indonesia
-         Menjelaskan asal-usul rumpun bahasa austononsia
-         Mendeskripsikan jalur kedatangan proto melayu dan deutro melayu
-         Serta seberapa jelas kita memahami siapa nenek moyang bangsa indonesia sebenarnya



A.MENGUNGKAP ASAL MUASAL MASYARAKAT INDONESIA
Tidak mudah untuk mengetahui keadaan kehidupan awal masyarakat indonesia. Banyak ahli yang memberikan teori dan pendapat mengenai keadaan kehidupan awal masyarakat indonesia. Beberapa pendapat tersebut adalah sebagai berikut.

PROF DR.H.KERN
Kern menyatakan bahwa bangsa indonesia berasal dari asia. Teorinya ini berdasarkan perbandingan bahasa. alasannya adalah karena bahasa-bahasa yang dipakai dikepulauan indonesia, melanesia, dan micronesia berasal dari satu akar yang sama, yaitu bahasa austronesia.

VAN HEINE GOLDEREN
            Menurut golderen, bangsa indonesia berasal dari daerah asia. pendapatnya ini dibuktikan oleh kesamaan artefak prasejarah yang ditemukan di indonesia dengan artefak prasejarah di daratan asia.

 HOGEN
            Hogen menyatakan bahwa bangsa yang mendiami pesisir melayu berasal dari sumatera. bangsa ini bercampur dengan bahasa mongol yang kemudian disebut bangsa proto melayu dan deutro melayu. bangsa proto melayu menyebar di wilayah indonesia sekitar tahun 3000 SM-1500 SM. sedangkan bangsa deutro melayu menyebar di wilayah indonesia sekitar tahun 1500 SM-500SM.


DRS.MOHAMMAD ALI
            Mohammad ali menyatakan bahwa pada awalnya bangsa indonesia berasal dari daerah yunan. pernyataan dipengaruhi oleh pendapat yang mengatakan bahwa bangsa indonesia berasal dari mongol. karena terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat, kemudian mereka menyebar ke arah selatan hingga ke indonesia. kedatangan mereka terjadi secara bergelombang.gelombang pertama terjadi pada tahun 3000 SM-1500 SM. gelombang kedua terjadi pada tahun 1500SM-500 SM. gelombang pertama berkebudayaan neolithikum dengan jenis perahu bercadik satu dan gelombang ke dua menggunakan perahu bercadik dua.

N.J. KROOM
            Menurut kroom, nenek moyang bangsa indonesia berasal dari daerah cina tengah. merekan menyebar ke wilayah indonesia sekitar tahun 200 SM sampai tahun 1500 SM.

DR. BRANDES
            Menurut brandes, bangsa yang mendiami kepuluan indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah yang membentang dari sebelah utara pulau formusa, sebelah barat daerah madagaskar, sebelah selatan yaitu pulau jawa dan bali, dan sebelah timur sampai ke tepi pantai barat amerika. penelian yang dilakukan oleh brandes melalui perbandingan bahasa.

PROF. DR. MOHAMMAD YAMIN
            Mohammad yamin berpendapat, bahwa bangsa indonesia berasal dari daerah indonesia sendiri. bahkan, bangsa-bangsa lain yang berada di asia berasal dari indonesia. hal ini dibuktikan dengan penemuan fosil dan artefak tertua yang lebih banyak dan lebih lengkap ditemukan di wilayah indonesia.
Kesimpulan dari beberapa teori yang telah dikemukakan adalah :
-         Penduduk yang mendiami kepulauan nusantara diperkirakan berasal dari daratan asia (yunan selatan). dari daerah yunan inilah mereka menyebar keselatan hingga sampai di kepulauan nusantara.
-         Bangsa yang mendiami kepulauan nusantara berasal daerah indonesia sendiri. pendapat ini didukung oleh penemuan fosil dan artefak tertua di wilayah indonesia. masyarakat awal indonesia berasal dari daerah indonesia sendiri yang kemudian menyebar ke daerah asia yang lainnya.
Selain teori-teori tersebut, ada pula yang berpendapat bahwa nenek moyang bangsa indonesia bukanlah manusia-manusia jenis meganththropus, paleojavanicus, pithecantropus erctus, homo soloensis, homo wajakensis. walaupun pernah terdapat di indonesia, manusia-manusia jenis itu sudah punah.

B.MENCARI JEJAK ASAL
            Setidaknya ada dua cara untuk mengetahui asal-muasal nenek moyang bangsa indonesia. cara yang dilakukan biasanya menggunakan analisis persebaran bahasa dan persebaran kebudayaan bercocok tanam.
 1.RUMPUN BAHASA MELAYU AUSTRONESIA
            Rumpun bahasa yang tersebar di indonesia termasuk rumpun bahasa melayu austronesia. rumpun bahasa ini meliputi wilayah yang luas yakni meliputi magadaskar (afrika)sampai ke melanesia dan polinesia(samudera pasifik), lalu taiwan sampai ke indonesia. penggunaan bahasa melayu austronesia di wilayah yang luas itu erat kaitannya dengan persebaran penduduk yang menggunakan bahasa tersebut.
            Para ahli berpendapat bahwa bahasa melayu austronesia berasal dari taiwan. sekitar 5000 SM, masyarakat di taiwan menggunakan bahasa yang disebut proto austronesia (austronesia kuno). masyarakat di tempat itu telah mengenal tata cara bercocok tanam dan berternak. masyarakat itu kemudian menyebar ke selatan cina, vietnam, semenanjung malaya, lalu ke indonesia. ada juga yang mengarungi laut menuju filipina terus ke arah kepulauan di indonesia dan samudera pasifik.
 

                              Gambar 1.1 kawasan sebaran bahsa austronesia

2.MASYARAKAT TANI DI YUNAN
            Peralihan dari kebudayaan berburu dan mengumpulkan makanan ke kebudayaan bercocok tanam merupakan perubahan yang amat besar. perubahan itu tidak mungkin dilakukan oleh penduduk asli indonesia yang sudah terbiasa dengan kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan. para ahli memperkiran kebudayaan bercocok tanam diperkenalkan oleh masyarakat pendatang. mereka ini sudah terbiasa bercocok tanam dan beternak di tempat asalnya. kebiasaan itu mereka gunakan di tempat baru di indonesia.pendatang inilah yang menjadi nenek moyang bangsa indonesia.
            Nenek moyang bangsa indonesia diperkirakan berasal dari daerah yunan. kesimpulan ini berdasarkan pada kesamaan artefak prasejarah yang ditemukan di daerah yunan dengan artefak prasejarah di indonesia.
 dari artefak yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa sekitar 3000 SM masyarakat yunan telah mengenal tata cara bercocok tanam.
            Kemudian, masyarakat yunan melakukan migrasi ke daerah tonkin, sebelah utara vietnam. ditempat itu mereka mengembangkan kebudayaan bercocok tanam. dari tempat itu mereka melakukan migrasi ke kepulauan indonesia. migrasi dilakukan secara bergelombang. gelombang yang pertama dengan yang berikutnya berjarak waktu lebih dari 1000 tahun.

C.kedatangan nenek moyang bangsa indonesia
            setelah manusia jenis meganthropus, pithecathropus, dan homo punah, kepulauan nusantara dihuni oleh manusia dari ras austromelanesoid. belum dapat dipastikan apakah mereka penduduk asli atau pendatang. berdasarkan kesamaan artefak yang digunakan dengan artefak di bacson-hoabinh, diperkirakan bahwa mereka berasal dari teluk tonkin (bacson-hoabinh terletak di teluk tonkin).

1.KEDATANGAN PROTO MELAYU
            Sekitar 2000 SM, penduduk dari ras melayu austronesia dari teluk tonkin bermigrasi ke kepulauan nusantara. mereka biasa disebut proto melayu (melayu tua). kedatangan mereka menyebabkan penduduk dari ras austromelanesoid berpindah ke daerah pedalaman bahkan ke indonesia timur. ras itu menjadi nenek moyang penduduk papua sekarang.
            Memasuki kepulauan nusantara, bangsa proto melayu ini menempuh dua jalur penyebaran sesuai dengan jenis kebudayaan yang dibawa.
-         Jalur pertama menyebar ke sulawesi, maluku, dan papua. masyarakat proto melayu yang menempuh jalur ini membawa kebudayaan neolithikum berupa kapak lonjong. itulah sebabnya, dibagian timur indonesia banyak ditemukan artefak neolithikum berupa kapak lonjong. keturunan proto melayu yang menempuh jalur ini antara lain masyarakat toraja.
-         Jalur kedua menyebar ke sumatera, kalimantan, jawa, bali, dan nusa tenggara. masyarakat proto melayu yang menempuh jalur ini membawa kebudayaan neolithikum berupa beliung persegi. itulah sebabnya, di bagian barat indonesia bangak ditemukan artefak neolithikum berupa beliung persegi. keturunan proto melayu yang menempuh jalur ini antara lain batak, nias, dayak, dan sasak.
                             Gambar 1.5  peninggalan bangsa proto melayu

2.KEDATANGAN DEUTRO MELAYU
      Gelombang migrasi ras melayu austronesia dari teluk tonkin ke kupulauan nusantara kembali sekitar 500 SM. para ahli menyebutkan sebagai deutro melayu (melayu muda). kedatangan mereka menyebabkan penduduk keturunan proto melayu yang telah terlebih dahulu menetap semakin terdesak.
      Masyarakat deutro melayu kemudian menyebar ke sepanjang pesisir, namun ada juga yang masuk dan menetap kepedalaman. keturunan deutro melayu antara lain masyarakat minang, jawa, dan bugis.
      Masyarakat deutro melayu membawa kebudayaan perunggu,yang dikenal dengan sebutan kebudayaan dongson. dongson adalah nama tempat di teluk tonkin tempat asal kebudayaan perunggu di asia tenggara. artefak perunngu yang ditemukan di indonesia serupa dengan artefak perunngu dari dongson.
                                   Gambar 1.6 peninggalan deutro melayu

D.TAHAP-TAHAP       
     PERKEMBANGAN
Perkembangan kehidupan masyarakat pra-aksara (prasejarah) berlangsung melalui beberapa tahap. tahap-tahap dalam perkembangan kehidupan dibagi menjadi masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam dan masa perundagian.
1.MASA BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN
kehidupan ekonomi
Masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan masih sangat bergantung pada alam dan lingkungan. selain berburu hewan mereka juga mengumpulkan umbi-umbian, daun-daunnan, dan biji-bijian yang ditemukan di lingkunan sekitarnya. mereka membuat tempat berlindung dari daun-daunan dan pada perkembangan berikutnya mereka menghuni gua-gua. tempat yang dipilih dekat dengan sumber air.tempat tersebut akan ditinggalkan dan mereka akan pindah jika sumber makanan di daerah tersebut sudah habis.
      Kehidupan sosial
Masyarakat prasejarah menyenangi hidup berpindah-pindah dan susunan masyarakat terbagi menjadi beberapa kelompok dengan pembagian kerja yang jelas. kaum laki-laki biasanya berburu sedangkan kaum wanita bertugas mengumpulkan makanan. setelah ditemukan, kaum wanita mendapatkan tugas memelihara api agar tetap menyala dan komunikasi antar sesama dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana.
      
      kehidupan budaya
Pada masa ini, masyarakat prasejarah sudah mampu membuat alat-alat sederhana. alat yang hasilkan masih berbentuk kasar. alat itu digunakan untuk berburu dan meramu makanan. pada perkembangan berikutnya, alat yang dihasilkan tetap sama, namun lebih halus buatannya.
Corak kepercayaan tampak pada lukisan dan penguburan.corak kepercayaan baru terlihat pada tingkat lanjut, lukisan dinding tua mengungkapkan bahwa kepercayaan masyarakat prasejarah akan kekuatan magis. lukisan cap tangan misalnya, melambangkan kekuatan pelindung dari serangan roh jahat. kemudian penguburan mengungkapkan penghormatan masyarakat prasejarah terhadap nenek moyang dan kepada kehidupan sesudah kematian (alam baka). penghormatan tersebut diungkapkan juga melalui upacara kesuburan, memperingati peristiwa penting dan peringatan lainnya.

2.MASA BERCOCOK TANAM
     kehidupan ekonomi
Pada masa bercocok tanam, masyarakat prasejarah tidak lagi bergantung dengan alam sekitarnya. kebutuhan akan makanan dipenuhi dengan cara berternak dan berladang. mereka membabat hutan dan semak belukar untuk ditanami bermacam jenis tanaman. mereka pun berternak kerbau, ayam, dan babi, serta memelihara anjing. selain untuk dimakan hewan ternak juga digunakan sebagai hewan korban. meskipun telah bercocok tanam,perburuan binatang dihutan sesekali dilakukan.
Kebutuhan akan tempat tinggal dipenuhi dengan cara membuat rumah sederhana dan kecil beratapkan daun-daunan. atap rumah berbentuk bulat sampai ketanah. selain memenuhi kebutuhan primer, masyarakat prasejah telah mengenal perdagangan dengan sistem barter. sungai beserta perahu dan rakit memegang peranan penting dalam lalu lintas perdagangan .                      
     kehidupan sosial
Masyarakat prasejarah masa bercocok tanam telah menetap dalam perkampungan sederhana. kehidupan menetap memberi kesempatan bagi mereka untuk menata kehidupan mereka secara teratur. masyarakat tersusun menurut kelompok bertani. mereka membangun perkampungan dengan cara bergotong-royong. pada masa bercocok tanam pembagian kerjaan semakin jelas.
Kaum laki-laki mengerjakan kerjaan yang berat dan membutuhkan tenaga yang besar sedangkan kaum perempuan bertugas menabur benih, merawat rumah, dan menangani pekerjaan rumah yang lainnya.gotong-royong membutuhkan kesadaran akan pentingnya sosok pemimpin, seorang pimpinan harus berperang menjaga gotong-royong antar warga tetap berjalan lancar. oleh sebab itu aturan hidup masyarakat mulai diberlakukan.

     kehidupan budaya
Pada masa bercocok tanam, masyarakat prasejarah semakin mahir membuat alat-alat. alat yang dihasilkan sudah semakin halus, alat itu digunakan untuk berladang dan perlengkapan upacara. selain alat bantu, masyarakat prasejarah (khususnya perempuan) telah mampu membuat alat rumah tangga dari tanah liat seperti gerabah dan keterampilan tersebut diwariskan secara turun temurun.
Selain seni lukis, masyarakat prasejarah juga telah membuat perhiasan dari batu pilihan dan juga dari kulit kerang. hasil kerajinan tersebut berupa gelang dan manik-manik.
3.MASA PERUNDAGIAN
     kehidupan ekonomi
Pada masa perundagian, masyarakat prasejarahtelah mampu mengatur kehidupannya. mereka melakukan kegiatan bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan primer melainkan untuk meningkatkan kesejahteraan. kebutuhan akan makanan dipenuhi dengan cara bertani di ladang sawah, bahkan hewan ternak pun semakin beragam yaitu beternak kuda dan berbagai macam jenis unggas. Kebutuhan akan tempat tinggal dipenuhi dengan membangun pedesaan yang teratur. teknik pembuatan rumah sudah begitu maju dibanding masa bercocok tanam. mereka menetap di daerah pegunungan, dataran rendah, dan tepi pantai. perdagangan masih bersifat barter, namun telah menjangkau tempat-tempat yang jauh yaitu antar pulau.
     kehidupan sosial
Masyarakat prasejarah masa perundagian tinggal dalam perkampungan yang semakin besar dan teratur. jumlah warga yang semakin banyak maka diperlukan penataan masyarakat yang tegas dan ketat. masyarakat tersusun dalam kelompok majemuk.ada kelompok bertani, pedagang, dan tukang.
Masyarakat pada masa perundagian terbagi menurut keahlian yang dimiliki. semakin terbagi masyarakat membuat pembagian kerja semakin tegas. pada masa sebelumnya seseorang dapat bercocok tanam, membuat alat, dan kerajinan sedangkan pada masa perundagian seseorang hanya bekerja sesuai kemampuan yang dimilikinya.
     kehidupan budaya
Pada masa perundagian masyarakat sudah mahir membuat alat yang menggunakan teknologi. alat yang dihasilkan berupa logam, perunggu, dan besi. alat itu digunakan untuk bertani, bertukang, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan upacara. mereka juga mengenal berbagai bidang kesenian lainnya seperti seni lukis, kerajinan, seni ukir/pahat, patung, dan seni arsitektur (bangunan).
Corak kepercayaan tampak dari benda-benda logam yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara. kepercayaan manusia prasejarah dari masa perundagian melanjutkan kepercayaan dari masa sebelumnya. dengan aturan yang semakin jelas dan ketat serta ada hukuman terhadap pelanggar hukum.

E.PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA
1.LAHIRNYA DAN PERKEMBANGAN AGAMA HINDU
            Agama hindu diyakini lahir di india sekitar tahun 1500 SM.dari india, agama hindu menyebar keseluruh dunia dan banyak mempengaruhi kebudayaan-kebudayaan didunia termasuk di indonesia. agama hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan bangsa arya (indo-jerman) ke india sekitar tahun 1500 SM. bangsa arya membangun sistem kepercayaan dan kemasyarakatan tertentu. dalam sistem kepercayaannya, bangsa arya ini memuja banyak dewa. dewa-dewa ini diyakini menguasai segi-segi tertentu dari kehidupan mahkluk hidup.
            Terdapat tiga dewa utama yang dipuja yang disebut trimurti yaitu brahma (dewa pencipta), wisnu (dewa pelindung), dan siwa (dewa penghancur). pemujaan terhadap para dewa tersebut dipimpin oleh sekelompok pendetan atau brahmana. pada brahmana kemudian menulis berbagai ajaran ritual dan dijadikan pedoman dalam melaksanakan upacara keagamaan. pada masa itu, mereka juga telah mengenal pembagian masyarakat atas kasta-kasta tertentu yakni brahmana, ksatria, waisya, dan sudra.
            Dalam masa perkembangan selanjutnya, terjadi perpaduan antara budaya dravida, budaya munda, dan budaya arya yang kemudian disebut kebudayaan hindu (hinduisme). hampir setiap kegiatan kehidupan masyarakat diwarnai peran serta kaum brahmana. dengan peran yang demikiran besar, kaum brahmana menjadi satu-satunya golongan yang berhak memimpin upacara-upacara keagamaan.
            Dalam perkembangan selanjutnya, muncul reaksi dikalangan masyarakat atas peran kaum brahmana yang dianggap berlebihan. mereka kemudian mulai berusaha melepaskan diri dari pengaruh brahmana dan reaksi ini menimbulkan perkembangan agama didalam masyarakat tidak lagi berpusat pada upacara dan sesaji. dalam masyarakat hindu dikenal adanya empat tingkatan ini adalah brahmacarin, grehasta, wanaprasta, dan saniyasin.

2.LAHIRNYA DAN PERKEMBANGAN AGAMA BUDDHA
            Sama halnya dengan agama hindu, agama buddha tumbuh di india, tepatnya di india bagian timur. agama buddha ini didasarkan pada ajaran sidharta gautama yang dikenal sebagai buddha atau seorang yang mendapat pencerahan. menurut ajaran buddha, kesempurnaan (nirwana) dapat dicapai setiap orang tanpa harus melalui bantuan seorang pendeta atau kaum brahmana. setiap orang mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mencapai kesempurnaan asalkan ia mampu mengendalikan dirinya sehingga terbebas dari samsara.
Pokok-pokok ajaran buddha ini terdapat pada aryasatyani dan pratityasamutpada. aryasatyani adalah kebenaran-kebenaran utama. kebenaran utama yang meliputi hidup adalah menderita. pratityasamutpada adalah rantai sebab akibat. rantai ini terdiri dari 12 rangkaian sebab akibat sebagai hasil dari perilaku umat. keseluruhan ajaran buddha dibukukan dalam kitab tripitaka. kitab tripitaka menjadi pedoman ritual bagi kehidupan bagi para pengikutnya. kitab ini terdiri dari tiga kumpulan tulisan yakni sutra pitaka, vinaya pitaka, dan abhidharma pitaka. dalam perkembangannya, agama buddha pecah menjadi dua aliran yaitu aliran hinayana dan aliran mahayan.

f. proses masuknya pengaruh hindu-buddha
   di  indonesia
            di indonesia, proses masuknya pengaruh hindu dan buddha diperkirakan terjadi sejak abad pertama masehi. para ahli kemudian mengajukan empat teori, keempat teori ini dapat menjelaskan bagaimana bangsa india dapat memperkenalkan agama dan budaya hindu serta buddha kepada bangsa indonesia.
1.     Teori brahmana dengan tokoh pendukungnya, antara lain J.C.VAN LEUR. menurut teori ini para brahmana dan biksu india datang ke indonesia atas undangan para kepala suku setempat yang tertarik untuk belajar agama hindu, para kepala suku ini kemudian mengangkat brahmana menjadi penasehat mereka. dari lingkungan istana agama ini kemudian menyebar luas ketengah masyarakat kecil.
2.     Teori kesatria dengan tokoh pendukungnya, antara lain F.D.K. BOSCH. Menurut teori ini raja-raja india datang menyerang dan mengalahkan suku-suku di indonesia. mereka kemudian mendirikan kerajaan-kerajaan hindu dan buddha di indonesia.
3.     Teori waisya dengan tokoh pendukungnya, antara lain N.J. KROM. Menurut teori ini, pengaruh hindu dan buddha dibawa dan disebarluaskan oleh para pedagang india yang juga berasimilasi dengan penduduk setempat.
4.     Teori sudra, menurut teori ini kaum sudra yang dipandang rendah dalam masyarakat india pergi dan menetap di indonesia. mereka kemudian menyebarkan agama yang mereka anut.

Dari keempat teori di atas, teori brahmana memiliki dasar penjelasan yang paling kuat. hal ini didasarkan pada fakta-fakta bahwa kekuasaan terbesar dalam agama hindu dipegang oleh kaum brahmana. kitab veda misalnya hanya boleh dibaca dan diajarkan oleh kaum ini. oleh karena itu, kasta ini tidak mungkin dapat menyebar ajaran agama hindu.
            Kemungkinan lainnya adalah mereka mengirimkan undangan kepada para brahmana atau biksu untuk datang dan mengajari mereka. jadi, dapat juga disimpulkan bahwa masuk dan berkembangnyaagama hindu dan buddha di indonesia tidaklah melalui penaklukan oleh kerajaan dari india atau dibawa oleh para pedagang india. akan tetapi dipelajari oleh orang-orang indonesia dari kontak mereka dengan orang india.


g. perkembangan kerajaan-kerajaan hindu-buddha
    di indonesia
1.KERAJAAN KUTAI
            Kerajaan kutai berdiri sekitar tahun 400-500 M. kerajaan ini merupakan kerajaan hindu tertua di indonesia. kerajaan ini terletak di tepi sungai mahakam kalimantan timur. putra kudunga, aswawarman, kemungkinan adalah raja pertama kutai yang beragama hindu. ia juga diketahui sebagai pendiri dinasti sehingga di beri gelar wangsakerta yang artinya pembentuk keluarga.
Setelah aswawarman kerajaan kutai diperintah oleh mulawarman putra aswawarman. mulawarman adalah raja terbesar kerajaan kutai.ia sering disamakan dengan ansuman yaitu dewa matahari. raja mulawarman dikenal sangat dekat dengan rakyatnya. ia juga memiliki hubungan yang baik dengan kaum brahmana yang datang ke kutai. dari prasasti yang ditemukan diketahui bahwa dalam masa pemerintahan mulawarman pada abad ke-4 M.
            Saat kerajaan kutai mengalami masa keemasan, wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah kalimantan timur. pada masa pemerintahannya pula, rakyat kutai hidup makmur. setelah berakhirnya pemerintahan mulawarman, perkembangan kutai selanjutnya tidak dapat diketahui secara pasti. hal ini disebabkan selain tujuh prasasti ini belum ditemukan sumber tertulis yang lain.

2.KERAJAAN TARUMANEGARA
            Kerajaan tarumanegara didirikan sekitar abad ke-5 di lembah sungai citarum bogor jawa barat. kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di jawa. mengenai kerajaan tarumanegara dapat kita ketahui dari sumber sejarah prasasti dan berita dari pengembara cina. sumber-sumber sejarah yang berhasil ditemukan tidak banyak memberikan informasi tentang sejarah kerajaan tarumanegara.
Ketujuh prasasti yang ditemukan hanya memberikan gambaran kerajaan tarumanegara pada masa raja purnawaman. namun demikian, dari prasasti tugu dapat diketahui bahwa purnawaman bukanlah raja pertama kerajaan tarumanegara tetapi raja yang paling terkenal dari kerajaan tarumanegara adalah purnamawan. hal ini didasarkan pada tulisan yang terdapat pada prasasti ciaruteun, jambu, dan lebak. para ahli sejarah memperkirakan bahwa kerajaan ini hancur setelah mendapat serangan dari kerajaan sriwijaya sekitar abad ke-7.


3.KERAJAAN MATARAM KUNO
            Di pedalaman wilayah jawa tengah sekitar abad ke-8 berkembang sebuah kerajaan besar yang disebut kerajaan mataram kuno. pusat kerajaan ini berpusat di daerah yang disebut “medang l bhuni mataram” (diperkirakan sekitar prambanan klaten,jawa tengah). berdasarkan prasasti canggal diketahui bahwa kerajaan mataram kuno mula-mula diperintah oleh raja sanna.raja sanna kemudian digantikan oleh keponakannya yang bernama sanjaya. sanjaya adalah anak sanaha, saudara perempuan raja sanna hal ini terjadi dikarenakan raja sanna tidak memiliki keturunan. raja sanjaya memerintah dengan bijaksana sehingga rakyat makmur, aman, dan tentram.
            Setelah sanjaya kerajaan mataram kuno diperintah oleh panangkaran. sepeninggal panangkaran, mataran kuno terpecah menjadi dua yaitu kerajaan mataram yang bercorak hindu dan kerajaan mataram yang corak buddha. perpecahan kerajaan mataram kuno ini tidak bertahan lama karena pada tahun 850 M, rakai pikatan dari dinasti sanjaya mengadakan perkawinan politik dengan pramodhawardani dari keluarga syailendra. dengan perkawinan ini, kerajaan mataram kuno dapat dipersatukan kembali dan wilayah mataram bertambah luar hingga jawa tengan dan jawa timur dan berhasil mendirikan candi plaosan.
            Sepeninggal rakai pikatan, kerajaan mataram kuno diperintah oleh balitung (898-910 M). raja balitung adalah raja terbesar mataram dan bergelar sri maharaja rakai watukura dyah balitung. pada masa pemerintahannya banyak dibangun candi dan prasasti diantaranya adalah kompleks candi prambanan. disamping itu, raja balitung juga dikenal dapat mengatur pemerintahan dengan baik sehingga membawa kesejahteraan bagi rakyatnya.
            Setelah balitung, pemerintahan dipegang turut-berturun oleh daksa, tulodang, dan wawa. raja wawa memerintah antara tahun 924-929 M. ia kemudian digantikan oleh menantunya yang bernama mpu sendok. pada masa mpu sendok pusat pemerintahan kuno dipindahkan ke jawa timur. hal ini disebabkan semakin besarnya pengaruh kerajaan sriwijaya yang diperintah oleh balaputradewa. selama abad ke-7 hingga ke-9 terjadi serang-serangan dari sriwijaya ke mataram yang menyebabkan mataram kuno semakin terdesak ke wilayah timur.

4. KERAJAAN SRIWIJAYA
Kerajaan sriwijaya berdiri sekitar abad ke-7 M. pusat kerajaan ini, pada awalnya terletak dimuara takus, riau. Namun setelah menguasai palembang pusat kerajaan dipindahkan ke muara sungai musi di palembang. dari palembang kerajaan sriwijaya berhasil menguasai daerah sekitar bahkan hingga ke semanjung malaya dan tanah genting kra di thailand. 
            Sumber sejarah yang memberitakan kerajaan sriwijaya berupa prasasti yang berjumlah kurang lebih sembilan prasasti. kesembilan prasati tersebut adalah prasasti kedukan bukit (685 M), talang tuo (684 M), telaga batu, karang berahi (686 M), kota kapur (686M), palas pasemah, ligor (775 M), kanton (cina), dan nalanda (india).
            Dari prasati-prasasti yang ditemukan tidak diketahai siapa raja pertama sriwijaya. Petunjuk pertama tentang raja sriwijaya baru ditemukan pada prasasti kedukan bukit. raja lain yang pernah  memerintah kerajaan sriwijaya adalah balaputradewa. kerajaan sriwijaya mulai mengalami kemunduran pada abad ke-13. pusat kerajaan sriwijaya yang semakin jauh dari laut membuat letaknya tidak strategis lagi bagi perdagangan dan banyaknya wilayah kekuasaan yang melepaskan diri.
            Pada masa itu juga kerajaan sriwijaya mendapat banyak serangan dari luar. serangan diantaranya dilakukan oleh dharmawangsa dari jawa yang terjadi tahun 992 M, serangan rajendra coladewa dari kerajaan colamandala tahun 1023 M, 1030 M, dan tahun 1068 M. Serangan dari kertanegara singasari tahun 1275 M dan serangan majapahit yang dipimpin gajah mada tahun 1377 M. kerajaan sriwijaya akhirnya hancur dengan berkembangnya kerajaan majapahit.


1.    KERAJAAN KEDIRI
            Berdirinya kerajaan kediri dapat ditelusuri dari peristiwa pembagian wilayah kerajaan mataram kuno oleh raja terakhirnya airlangga. airlangga yang ingin mengundurkan diri sebagai raja bermaksud menyerahkan tahta kerajaan kepada putri sulungnya yang bernama sanggramawijaya. namun, pemberian itu ditolak sanggaramawijaya yang lebih memilih menjadi seorang bhiksuni (pendeta wanita agama hindu).  untuk menghindari perebutan kekuasaan diantara putranya pada tahun 1041 M airlangga minta bantu kepada mpu barada untuk membagi kerajaan menjadi dua yaitu menjadi panjalu dan janggala. panjalu diberikan kepada samara wijaya dengan ibu kota daha sementara janggala diberikan kepada panji garasakan dengan ibu kota di kahuripan.
            Sepeninggal airlangga ternyata kedua kerajaan tersebut tidak dapat hidup berdampingan secara damai. pada tahun 1044 M terjadi perang saudara yang berlangsung hingga 1052 M. semula janggala adalah pihak yang menang. ketika dibawah pemerintahan jayeswara, panjalu dan janggala berhasil disatukan dan menjadi kerajaan kediri. raja kediri yang terkenal adalah raja jayabaya. dibawah pemerintahannya kerajaan kediri mencapai puncuk kejayaannya. jayabaya dikenal sebagai raja yang besar dan bijaksana. ia juga dikenal sebagai pujangga. karya yang paling dikenal adalah jangka (ramalan) jayabaya.
            Raja terakhir kediri adalah kertajaya. kekuasaan kertajaya berakhir setelah dikalahkan ken arok dari tumapel tahun 1222. pertempuran ini berawal ketika para brahmana kediri yang dikejar-kejar kertajaya datang ke tumapel dan minta perlindungan ken arok dan ken arok mengabulkan permintaan para brahmana ini. kertajaya meminta ken arok agar menyerahkan para brahmana itu tetapi ken arok dengan tegak menolak permintaan raja kertajaya tersebut. terjadilah perperangan di desa ganter, kertajaya berhasil dibunuh oleh ken arok. dengan menginggalnya kertajaya hancurlah kerajaan kediri.

6. KERAJAAN SINGASARI
            Kerajaan singasari didirikan sekitar tahun 1222 M oleh ken arok. wilayah kerajaan ini meliputi bekas wilayah kerajaan mataram kuno di jawa timur dan kerajaan kediri. kita ketahui bahwa setelah mengalahkan kertajaya dalam pertempuran di ganter, ken arok menyatukan kerajaan kediri dengan tumapel menjadi kerajaan singasari. ken arok memerintah di singasari sejak tahun 1222 M. ken arok bergelar sri ranggah rajasa sang amurwahbumi. dalam masa pemerintahannya kerajaan singasari berkembang menjadi sebuah kerajaan yang besar. namun pemerintahan ken arok tidak berlangsung lama pada tahun 1227 M, ken arok dibunuh oleh anak tirinya yang bernama anusapati. Setelah membunuh ken arok anusapati memerintah kerajaan singasari dengan hidup tentram dan pemerintahan anusapati berakhir pada tahun 1248 M setelah orang suruhan tohjaya berhasil membunuhnya sebagai balas dendam atas kematian ayahnya ken arok. Selanjutnya kerajaan singasari adalah tohjaya, ia memegang pemerintahan singasari tidak lama karena ia dibunuh oleh anak anusapati yang bernama ranggawuni dan ranggawuni naik tahta dengan gelar srijaya wisnuwardhana. dalam masa pemerintahannya kerajaan singasari mengalami suasana yang aman dan tentram.
            Tetapi pada tahun 1268 M, ranggawuni wafat dan dimakamkan di dua tempat yaitu di weleri dekat blitar sebagai dewa siwa dan di candi jago sebagai sang buddha. ia digantikan oleh putranya yang bernama kertanegara yang bergelar srimaharajadiraja sri kertanegara (1268-1292 M). raja kertanegara dikenal memiliki cita-cita memperluas kekuasaan singasari ke luar pulau jawa.untuk itu, ia melakukan serangkaian ekspedisi bersenjata ke luar pulau jawa. banyaknya pasukan yang bawa menyebabkan pertahanan dalam kerajaan singasari menjadi lemah. hal ini dimanfaatkan oleh para musuh untuk menyerang kerajaan dan merebut kekuasaan.

7. KERAJAAN PAJAJARAN
            Selain kerajaan tarumanegara di jawa barat terdapat juga kerajaan pajajaran. namun tidak diketahui dengan pasti letak pusat pemerintahan kerajaan ini. sumber-sumber sejarah tentang kerajaan ini dapat diketahui dari sejumlah prasasti dan kitab cerita yaitu prasasti rakryan juru pengambat (923M), prasasti horren, prasasti citasih (1030M), prasasti astanagede, kitab carita kidung sundayana dan kitab carita parahyangan. raja-raja yang diketahui pernah memerintah adalah maharaja jayabhupati, rahyang niskala wastu kencana, rahyang dewa niskala, sri baduga maharaja, hyang wuni sora, ratu samian atau prabu surawisesa, dan prabu ratu dewata.
            Dari prasasti yang diketahui bahwa raja maharaja jayabhupati menyebut dirinya haji-risunda. sebutan ini bertujuan untuk menyakinkan kedudukannya sebagai raja dari kerajaan pajajaran. pada masa raja jayabhupati pusat kerajaan terletak di pakuan pajajaran dan kemudian dipindahkan ke kawali. raja berikutnya setelah jayabhupati adalah rahyang niskala wastu dan istananya bernama surawisesa. pusat pemerintahannya sudah berada di kawali.
            Raja pajajaran berikutnya adalah rahyang dewa niskala. namun tidak diketahui perkembangan pajajaran dalam masa pemerintahan raja ini. raja rahyang dewa niskala kemudian digantikan oleh sri baduga maharaja. pada masa pemerintahan raja initerjadi perang bubat antara pasukan gaja mada dengan pasukan pajajaran. dalam pertempuran ini semua pasukan pajajaran termasuk raja sri baduga tewas terbunuh. sepeninggal raja sri baduga kerajaan pajajaran diperintah oleh hyang wuni sora. kemudian diperintah oleh prabu niskala wastu kencana, tohaan, dan ratu jaya dewata.
            Raja pajajaran yang lainnya adalah ratu samian atau prabu surawisesa. dalam peninggalan sejarah menyebutkan bahwa ratu samian pernah berkunjung ke malaka untuk meminta bantuan portugis dalam rangka menghadapi kerajaan demak. namun sunda kelapa akhirnya jatuh ke tangan pasukan demak pimpinan fatahullah. ratu samian kemudian digantikan oleh prabu ratu dewata. pada masa pemerintahannya kerajaan pajajaran banyak mendapat serangan radi kerajaan banten yang dipimpin maulana hasanuddin. akhirnya, kerajaan pajajaran runtuh dan wilayahnya dikuasai banten.     
8. KERAJAAN MAJAPAHIT
            Kerajaan bercorak hindu yang terakhir dan terbesar di jawa adalah kerajaan majapahit. kerajaan ini terletak di sekitar sungai brantas, jawa timur dengan pusat di tarik, mojokerto. kerajaan ini didirikan oleh raden wijaya sekitar tahun 1293 M dengan dibantu oleh aria wiraraja, nambi, lembu sora, ronggo lawe, dan kebo anabrang. kerajaan majapahit bermula dari sebidang tanah di hutan tarik. tanah tersebut merupakan hadian dari raja jayakatwang atas kesediaan raden wijaya tunduk pada kekuasaannya. 2 tahun setelah pemberian itu, datang tentara kubilai khan dari cina yang mendarat di tuban dan surabaya. Kedatangan tentara kubilai khan ke jawa ini bertujuan untuk menghukum raja kertanegara, raja singasari yang telah memotong telinga utusannya.  
            Kedatangan tentara kubilai khan ini memberi kesempatan kepada raden wijaya untuk merebut kekuasaan dari jayakatwang. pasukan raden wijaya segera bergabung dengan tentara kubai khan untuk menghancurkan jayakatwang. dalam penyerangan ini jayakatwang tewas terbunuh. raden wijaya kemudian berbalik menyerang pasukan kubai khan dan ia berhasil mengusir tentara khubai khan dan membangun kerajaan baru yang diberi nama majapahit.
            Raja – raja yang pernah memerintah Majapahit adalah Raden Wijaya (1293-1309 M), Sri Jayanegara (1309-1328 M), Tribhuwanatunggadewi (1328-1350 M), Hayam Wuruk (1350-1389 M), dan Wikramawardhana (1389- 1429). Raden Wijaya naik tahta pada tahun 1293 M, dan bergeral kertajasa jayawardhana. Gelar kertajasa dipakai karena raden wijawa masih keturunan ken arok. Raden wijaya wafat pada tahun 1309 M dan dimakamkan di candi simping (blitar) sebagai siwa dan wisnu serta di antarpura sebagai budha. sepeninggal raden wijaya pemerintahan dipegang oleh putranya yang bernama kala gamet atau sri jayanegara. Tidak seperti ayahnya, jayanegara dikenal sebagai raja yang tidak bijaksana dan lebih suka bersenang-senang. oleh karena itu, banyak pembantunya merasa tidak puas dan melakukan pemberontakan.
            Pada tahun 1328 jayanegara meninggal dan abu jenazahnya dimakamkan di sela petak dan di bubat sebagai wisnu serta di sukalila sebagai buddha amoghsidi. jayanegara tidak memiliki anak oleh karena itu kekuasaan majapahit diberikan kepada gayatri, putri kertanegara yang masih hidup. namum gayatri lebih memilih menjadi seorang biksunu kemudian tahta kerajaan diserahkan kepada putri gayatri yang bernama tribhuwana tunggadwewi.
            Dalam upacara pelantikan sebagai mahapatih ini gajah mada mengucapkan sumpahnya tidak akan berhenti sebelum berhasil menyatukan nusantara dibawah panji-panji majapahit.sumpah ini dikenal dengan nama sumpah palapa. demi mewujudkan sumpah ini gajah mada membangun armada laut yang kuat dibawah kepemimpinan laksamana nala.
Pada tahun 1350 M, tribhuwanatunggadewi turun tahta dan digantikan oleh putranya yang bernama hayam wuruk (1350-1389 M). ketika itu, hayam waruk berusia 16 tahun. ia didampingi gajah mada sebagai mahapatih. hayam wuruk bergelar rajasa negara. pada masa pemerintahan hayam wuruk majapahit mencapai masa kejayaannya. pada tahun 1364 M gajah mada wafat setelah mengabdikan diri lebih dari 30 tahun di majapahit dan pada tahun 1389 M hayam wuruk juga wafat. sepeninggal hayam wuruk dan gajah mada, majapahit berangsur-angsur mengalami kemunduruan. hayam wuruk tidak mempunyai putra mahkota dari permaisuri oleh karena itu putrinya yang bernama kusumawardhani diangkat sebagai penguasa majapahit bersama suaminya yang bernama wikramawardhana.hayam wuruk memiliki seorang putra yang bernama bhre wirabhumi dari selirnya untuk menghindari pertikaian. bhre wirabhumi diberikan kekuasaan di daerah blambangan ujung timur pulau jawa.
            Setelah hayam wuruk meninggal, terjadi perang saudara antara kedua anak hayum wuruk ini. pengangkatan kusumawardhani sebagai penguasa majapahit tidak disenangi bhre wirabhumi. rasa tidak senang ini kemudian berkembang menjadi perang saudara yang dikenal dengan perang paregreg (1401-1406 M) dan perang paregreg ini bhre wirabhumi terbunuh.

 


Uji kompetensi


       A.    PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR!!!!

        1.     Dalam teorinya, Prof Dr. H. Kern menyebutkan bahwa bahasa yang dipakai 
              di  kepulauan indonesia, melanesia,dan mikronesia berasal dari....
A.    Bahasa melayu
B.     Bahasa austronesia
C.     Bahasa indonesia
D.    Bahasa campa

       2.     Rumpun bahasa yang tersebar di kepulauan indonesia termasuk ke dalam rumpun....
A.    Proto melayu austronesia
B.     Melayu austronesia
C.     Deutro melayu
D.    Melanesia polinesia

       3. Bangsa indonesia diperkirakan berasal berasal dari mongol yang persebarannya
           terjadi secara bergelombang, teori ini dinyatakan oleh....
A.    Hogen                                                      C.  Dr. Brandes
B.     N. j. Kroom                                            D.  Drs. Mohammad Ali

        4. Bukti yang menguatkan bahwa nenek moyang bangsa indonesia berasal dari daerah yunan yaitu....
A.    Pola hidup masyarakat yunan sama dengan pola hidup masyarakat di indonesia.
B.     Bentuk tengkorang manusia purba di yunan sama dengan ukuran tengkorak manusia purba di indonesia.
C.     Artefak prasejarah yang ditemukan di yunan sama dengan artefak prasejarah di indonesia.
D.    Kebudayaan masyarakat yunan sama dengan kebudayaan masyarakat di indonesia.

5.     Manusia purba mulai melakukan perdagangan barter sejak masa....
A.    Bercocok tanam
B.     Berburu dan mengumpulkan makanan
C.     Perundagian
D.    Membuat alat dari logam dan besi

6.     Pembauran antara budaya dravida, munda, dan arya menghasilkan kebudayaan....
A.    Hinduisme
B.     Buddhaisme
C.     Konfusianisme
D.    Zoroasterisme

7.      Latar belakang munculnya agama buddha adalah....
A.    Masuknya bangsa lain ke india membawa ajaran buddha
B.     Tinggal di pantai upacara ke agamaan hindu memberatkan masyarakat india
C.     Pemberontakan akibat kekecewaan kelompok paria
D.    Dominasi brahmana terhadap kehidupan masyarakat india

8.     Pemerintahan yang memimpin kerajaan hindu di india adalah....
A.    Kepala suku yang dipilih berdasarkan kecakapan
B.     Dewan daerah yang dipilih oleh rakyat
C.     Kaum brahmana yang memiliki kecakapan agama
D.    Seorang raja yang berkuasa turun temurun

9.     Pokok-pokok ajaran buddha terdapat dalam....
A.    Hastaaryamasra
B.     Aryavarta
C.     Aryasatyani
D.    Abhidharma pitaka

10.                        Penyebaran hindu-buddha di indonesia dilakukan oleh para pedagang dari india adalah teori....
A.    Ksatria
B.     Waisya
C.     Brahmana
D.    Sudra





B.     JAWABLAH PERTANYAAN DENGAN SINGKAT DAN JELAS !!!

1.     Wilayah di india yang merupakan tempat pertama berkembangnya ajaran hindu adalah....
2.     Kasta yang bertugas untuk berdagang, bertani, dan beternak adalah kasta....
3.     Dalam perkembangannya agama buddha terpecah menjadi buddha mahayana dan....
4.     Pokok-pokok ajaran buddha yang mengajarkan rantai sebab akibat adalah....
5.     Tokoh yang mendukung teori brahmana adalah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar